Mengembalikan Overpay jika tidak ada Invoice Outstanding

Jika Overpay(kelebihan bayar di Customer Receipt) mau dikembalikan ke Customer berupa Uang, sedang sudah tidak ada invoice yang outstanding lagi, berikut adalah cara yang harus dilakukan :

  1. Buat Item baru Type Non Inventory Part dari List – Items klik New, Dengan Nama “Pengembalian Overpay” misalnya. Set GLAccount Item ini untuk Sales, Sales Disc dan Sales Return ke Account Cash/Bank mana kita keluar Uang.
  2. Buat Sales Invoice baru per tanggal keluarnya Uang, dari Activities – Sales – Sales Invoice. pilih Customer ke Customer kemana kita kembalikan Kelebihan Bayar tersebut, lalu Item pilih item yang kita buat diatas, Qty isi 1, Unit Price isi sebesar Overpay yang akan dikembalikan, Save & Close. Jurnal yang terjadi adalah Piutang/AR(Debet) pada Cash/Bank(Kredit) .
  3. Buat Customer Receipt, pilih Customer bersangkutan, centang option “Apply From Credit”, centang Invoice yang baru kita buat diatas, Save & Close. Jurnal yang terjadi adalah Piutang/AR(Debet) pada Piutang/AR(Kredit) , jadi habis.

Jadi inti dari jurnal diatas sebenarnya Piutang/AR(Debet) pada Cash/Bank(Kredit) .

Notes : Jika ada kasus yang sama, tapi kita keluarkan uang bukan dari account Cash/Bank yang sama dengan diatas, baiknya buat satu Item Type Non Inv Part baru lagi, dengan setting GLAccount ke akun Cash/Bank yang dimaksud. Jadi tidak disarankan mengedit setting GLAccount Item yang sebelumnya.

This entry was posted in Sales and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s