Built For” & “Minimum Qty” di Bill of Material(BOM)

Field Built For di form Bill of Material, menginformasikan bahwa Formula BOM tsb adalah untuk membuat sekian Barang Jadi.

Biasanya field Built For ini diisi 1, yang artinya Formula BOM tsb untuk membuat 1 Barangnya.

Jika Formula yang dimiliki adalah untuk membuat 100 pcs Barang, maka Built For kita isi 100, yang efek nya jika kita membuat Surat Perintah Kerja/Work Order sebanyak 50, maka komposisi Formula nya adalah (Formula/100)x50. Formula = komposisi Qty masing-masing bahan baku dan Conversion Cost nya.

Built For ini juga membantu jika untuk membuat 1 Barang Jadi, komposisi Qty masing-masing Bahan terlalu kecil sehingga ada beberapa digit dibelakang koma. Dengan mengisi Built For 1000 misal, kita dapat mengisi Formula dengan Qty masing-masing bahan baku tsb dikali 1000. Hal ini juga mengingat Accurate hanya mengadopsi 4 digit dibelakang koma.

MINIMUM QTY

Diisi dengan minimal kita produksi untuk barang yang dihasilkan oleh BOM tsb berapa. Bisa juga sehubungan dengan efektifnya penggunaan Mesin-mesin produksi bahwa misal jika digunakan untuk membuat produk kurang dari 100 pcs maka  jadi tidak efektif penggunaannya.

Minimum Qty ini akan mencegah kita memproduksi dibawah dari Qty yang kita isi Minimum Qty nya di BOM, yaitu pada saat kita buat SPK/WO, jika Qty yang dibuat dibawah Minimum Qty maka akan dicegah.

This entry was posted in Manufacture and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s