Period End

Apa saja yang dilakukan ACCURATE pada saat kita melakukan Period End(Activities | Periodik | Period End) :

Menghitung & Menjurnal Selisih Kurs

Jika data ada mata uang(currency) lebih dari satu, maka pada saat Period End akan diminta mengisi Rate Pelaporan untuk Periode yang dipilih. Yang akan dilakukan ACCURATE adalah mengadjust Account-account Cash/Bank, AR dan AP mata uang asing sesuai dengan Rate Period End.

Hasil dari proses Period end untuk account-account mata uang asing tsb bisa dilihat dari List | General Ledger | Journal Voucher, TypePeriod End.

Menghitung & Menjurnal Penyusutan Fixed Asset

Jika kita sudah melisting Fixed Asset kita di List | Fixed Asset List, maka ACCURATE akan menghitung & menjurnal Penyusutan Fixed Asset sampai dengan periode yang kita pilih waktu Period End.

Misal kita sudah Period End Jan, lalu langsung Period End April, maka penyusutan untuk Feb Maret dan April akan akumulatif di posting di bulan April. Karena itu sebaiknya Period End dilakukan setiap bulan.

Hasil dari proses Period end untuk Penyusutan Fixed Asset tsb bisa dilihat dari List | General Ledger | Journal Voucher, TypeDepreciation Asset.

Menghitung & Menjurnal WIP Inventory & Variance Exp(bagi pengguna versi Enterprise)

ACCURATE akan menghitung berapa WIP Inventory pada periode yang dipilih, yaitu Proses Produksi yang masih dalam proses sampai dengan akhir bulan. Diambil dari selisih nilai yang sudah di Release dengan yang sudah di Result.

Selain itu juga menghitung berapa nilai Variance expense dari WIP Standard dibandingkan WIP Actual, dll.

Hasil dari proses Period end untuk WIP Inventory dan Variance tsb bisa dilihat dari List | General Ledger | Journal Voucher, TypeProduction Period End.

Catatan :

Jadi pengertian Period End bukanlah proses tutup buku tahunan atau bulanan. Karena pada prinsipnya Period End di Accurate dapat dilakukan kapan saja dan tidak harus di akhir bulan.

Jika kita sudah melakukan proses Period End, tetapi ada transaksi mata uang asing atau Aktiva Tetap yang ketinggalan pada periode yang sudah di Period End, setelah dilakukan penambahan kita tinggal lakukan Period End ulang untuk periode tersebut dan periode-periode setelahnya.

This entry was posted in Period end and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s