RMA Action dengan memilih Replaced

Toko Abadi selaku perusahaan yang bergerak di bidang penjualan barang elektronik sering kali memperoleh  pengembalian barang dari customer yang disebabkan krn barangnya rusak dan harus diganti dengan item yang baru. Karena barang yang dikembalikan masih garansi dari Toko, maka tidak ada penambahan uang lagi atas biaya perbaikan tsb.  Sebagai pengguna Versi 4 selama ini mereka menggunakan fitur Retur Penjualan untuk  pengembalian barang nya. Tetapi mereka memikirkan alternatif yang lain selain menginput Retur penjualan yaitu dengan memanfaatkan fitur RMA yang merupakah Fitur  baru di ACCURATE versi 4.

Berikut ini langkah2 penginputan pengembalian barang melalui modul  RMA:

    1. Di  menu Activities | RMA, isi di kolom Date sesuai dengan tgl pengembalian barang
    2. Di field Customer Name pilih nama customer yang mengembalikan barang
    3. Di kolom Item No pilih item yang mereka beli lalu di kolom Invoice No pilih No Sales Invoice yang sudah dibuat berdasarkan penjualan barang tsb.
    4. Pada kolom Problem Description isikan keterangan singkat berkaitan dengan item yang dikembalikan.
    5. Input RMA Action nya melalui menu Activities | RMA | RMA Action, isikan RMA no. sesuai dengan RMA yang sudah dibuat di point 1.

RMA_16. Pilih Actionnya Replaced dan di field “Replaced item” with isikan  dengan item yang akan dikemballikan lalu di field “Stok Warehouse” isikan dengan nama gudang yang digunakan untuk pengembalian barang nya dan di field “Scrap Warehouse” isikan dengan nama gudang yang digunakan untuk menampung pengembalian barang. Misalnya: Sales Invoice yang dibuat menunjuk ke gudang Elektronik , kemudian barang rusak nya dikembalikan ke Gudang Belakang. Maka di Stock Warehouse pilih gudang Elektronik dan Scrap Warehouse pilih Gudang Belakang. Dari proses RMA Action ini secara otomatis akan dibuatkan Inventory Adjusment dan gudang nya langsung menunjuk ke gudang Scrap.

7. Pada detail item pilih no barang penggantinya lalu Save and Close

RMA_28. Ketika barang tsb ingin dikirimkan ke customer input melalui Menu Activities | Sales | Sales Invoice, pilih nama customer danselect RMA, centang No RMA yang sudah dibuat di point 7 maka secara otomatis di kolom Item No akan muncul no barang yang sudah diinput di RMA Action. Di kolom Unit Price isikan nilainya nol dikarenakan barang yang yang rusak masih ada garansi Toko sehingga kalau rusak akan diganti dengan barang yang sama dan tidak dikenakan biaya.

This entry was posted in Inventory and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s