Giro dari Customer Ditolak

Pelunasan  Sales Invoice yang menggunakan giro, terkadang terjadi ditolak karena cek nya kosong atau saldo tidak mencukupi sehingga pencairan gironya  ditunda . Berikut 2 cara perlakukan Giro ditolak di Accurate :

  1. Mengedit Cheque Date/tanggal jatuh tempo transaksi Customer Receipt yang sudah dibuat ke tanggal kapan Giro tsb dapat dicairkan. Dari List | Sales | Customer Receipt, double klik di transaksi pelunasan yang sudah dibuat  dan ganti tgl check datenya per tgl giro tsb cair  kemudian pilih Save and close.
  2. Atau jika sudah tidak diperbolehkan untuk mengedit transaksi yang sudah lalu maka  saat giro tsb ditolak, buat transaksi Jurnal Voucher sebagai berikut:

(Dr) Giro Mundur    xxxx

       (Cr) Cash/Bank                xxxx

Untuk akun Giro Mundur ini bisa dibuat dari List | Chart of Account, klik New dan pilih tipe akunnya Cash Bank dan nama akunnya Giro Mundur.

Kemudian pada saat giro tsb cair, buat transaksi Jurnal voucher yang baru sebagai berikut:

(Dr) Cash/Bank               xxxx

       (Cr) Giro Mundur             xxxx

This entry was posted in Sales and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s