“Service Not Allowed” ketika menginput Sales Return

Ketika Anda menginput Sales Retur setelah memilih barang yang mau diretur dan muncul tampilan  “Service not Allowed” hal tsb dikarenakan Sales Invoice yang akan diretur ternyata terdapat item yang tipenya adalah Service. Sehingga jika retur penjualannya diinput melalui Form Sales Invoice maka akan dikonfirm  Service not Allowed. Ada 2 alternatif cara untuk menginput Sales Return tsb yaitu:

1. Input  di Form Sales Return dengan memilih item Non Inventory Part.

Terlebih dulu kita buat item Non Inventory Part dari List | Item, klik New. Pilih Item Type nya Non Inventory Part. Isikan di kolom Description dengan nama Item Servicenya, kemudian di tab GL Account seting akun Sales ke Pendapatan Jasa dan Sales Return ke akun mana kita mau jika ada terjadi retur atas Service tsb, misal mau langsung mengurangi akun pendapatannya, kita bisa samakan dengan akun Sales nya ke Pendapatan Jasa juga, untuk setting akun yang lainnya biarkan ke akun default.  Lalu seting juga di  menuSetup | Preference | Sales, dibagian Sales Return, centang  Show “All Sales Invoice”, Can Enter Any item in Sales Return dan juga Show Confirmation when  Create Sales Invoice lalu klik Ok.

Kemudian input Sales Return  dengan cara berikut :

    • Dari menu Activities| Sales | Sales Return, pilih customer yang mau diretur
    • Di field Invoice No pilih Invoicenya yang None
    • Double-click di kolom Item No dan pilih  item Jasa yang tipe Non Inventory Part tadi dan isikan di kolom Unit Price sesuai dengan nilai yang akan diretur lalu Save and Close.

Secara otomatis Accurate akan membuatkan satu Invoice baru hasil dari retur tsb. Jika  dari retur tsb uang nya akan dikembalikan ke Customer maka setelah membuat Sales Return tsb  input pengembalian uangnya melalui Sales Receipt, pilih nama customer dan nama bank yang digunakan untuk  mengembalikan uang nya dan juga centang No Invoice yang diretur tadi lalu Save and Close. Untuk berikutnya baiknya jika ingin menginput penjualan jasa tsb gunakan item Non Inventory Part  saja sehingga jika ada retur dapat langsung diinput melalui Sales Return.

2. Menginput Retur penjualan jasa tsb melalui Form Jurnal voucher dengan cara menjurnal balik dari apa yang sudah diinput di Sales Invoice atas Jasa tsb. Berikut jurnalnya:

(Dr)   Pendapatan Jasa ** xxxx     –

(Kr)          Piutang                   –         xxxx

** Untuk akun pendapatannya sesuaikan dengan jurnal yang terbentuk dari Sales Invoice atas jasa yang sudah dibuat sebelumnya.

Mengenai pengembalian uang dari hasil retur tsb harus dilakukan melalui Jurnal voucher juga dengan jurnal sebagai berikut:

(Dr) Piutang       xxx                –

(Cr)      Cash/Bank    –            xxx

Cara ini boleh digunakan jika Jasa tersebut sudah lunas atau invoice yang diretur sudah tidak outstanding lagi. Jika masih belum lunas baiknya gunakan cara pertama melalui form Sales Return dengan Item Non Inventory Part.

Cara ini juga tidak disarankan digunakan jika dimaksudkan untuk melunasi faktur berikutnya. Jika dimaksudkan untuk memotong tagihan faktur berikutnya, gunakan cara pertama diatas melalui form Sales Return.

SUMBER SOLUTION CENTER

This entry was posted in Sales and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s