Database ACCURATE pakai apa ya ?

Borland Delphi

Dari pertama kali ACCURATE dikembangkan, sudah menggunakan bahasa program Borland Delphi. ACCURATE versi 4 dibuat dari Borland Delphi versi 5.0 dimana di versi tersebut memberikan banyak kemudahan dalam membuat program dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Firebird?

Dari berbagai pilihan ACCURATE versi 4 memutuskan menggunakan Firebird versi 2. Salah satu server database yang bisa dijalankan dalam berbagai operating system ynag paling populer saat ini, Windows NT, Windows 2000, UNIX dan LINUX. Untuk lingkungan yang lebih kecil, Firebird bisa dijalankan di PC yang berjalan sendiri saja dengan Windows 98, Windows NT, maupun Windows 2000. Firebird juga mempunyai kebijakan OPEN SOURCE, yang berarti user boleh meng-install dan mempergunakan database server Firebird secara cuma-Cuma.

Fast Report?

Dari berbagai pilihan ACCURATE versi 4 memutuskan menggunakan Fast Report dalam desain reportnya. Hal demikian itulah yang menyebabkan harga jual ACCURATE dapat ditekan sampai semurah mungkin.

Multi Currency

Software yang mempunyai fasilitas Multi Currency banyak diburu masyarakat Indonesia setelah Indonesia terkena krisis ekonomi yang mengharuskan mencatat transaksi dalam mata uang yang tepat, dan dapat diketahui berapa laba/rugi selisih kurs yang ditimbulkan.

Selain untuk mengetahui berapa saldo kas, piutang, dan utang dalam mata uang aslinya juga perlu diketahui berapa saldo kas, piutang, dan utang tersebut jika distandarisasikan dengan mata uang laporan keuangan perusahaan.

ACCURATE Accounting Software memberikan solusi untuk hal tersebut yaitu dengan menghitung otomatis:

ü Realized Gain/Loss Foreign Exchange

Selisih kurs yang diakibatkan dari transaksi real yang benar-benar sudah terjadi perbedaan kursnya pada saat pertama muncul dan pada perubahan transaksi tersebut.

ü Unrealized Gain/Loss Foreign Exchange

Selisih kurs yang diakibatkan oleh proses tutup buku bulanan maupuan tahunan, dimana setiap akhir periode harus disusun laporan keuangan khususnya Balance Sheet. Balance Sheet melaporkan posisi keuangan perusahaan per tanggal disajikan laporan tersebut, sehingga jika ada assets atau liability yang bukan dalam mata uang base currency harus dikurskan pada tanggal neraca. Oleh sebab itu ada perubahan nilai kurs pada awal periode sebelumnya dengan kurs pada akhir periode bersangkutan. Laba/Rugi selisih kurs inilah yang dinamkan Unrealized Gain/Loss Foreign Exchange yaitu laba/rugi yang bersifat semu. Untuk menghitung proses ini Anda tinggal melakukan proses Periodic – Period End untuk bulan yang bersangkutan.

Ada tiga tipe akun yang tetap dicatat dalam mata uang aslinya (foreign currency/valuta asing) juga sudah distandarisasikan dengan mata uang pelaporan (base currency) yaitu : Akun tipe Cash/Bank, Account Receivable (Customer) dan Account Payable (Vendor). Setiap terjadi perubahan terhadap akun ini, ACCURATE secara otomatis menanyakan kurs yang berlaku.

This entry was posted in Tentang Accurate and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a comment